Gas Kwali Range

Gas Kwali Range | Kompor Blower Tekanan Tinggi | By Toko Mesin Jakarta

Cara Menggunakan dan Cara Merawat Gas Kwali Range

Untuk menyajikan makanan secara cepat, namun tetap menjaga nutrisi serta cita rasa dari masakan itu sendiri, Anda membutuhkan kompor khusus, yang bernama Gas Kwali Range. Ini adalah jenis kompor yang mudah Anda temukan di aneka restoran, hotel, atau industri yang bergerak dalam bidang masakan.

Mengenal Gas Kwali Range

Berbeda dengan kompor pada umumnya, yang hanya menggunakan tekanan tertentu, untuk mematangkan makanan.  Gas Kwali Range adalah jenis kompor yang menggunakan tekanan tinggi. Tekanan ini sendiri berguna untuk mematangkan masakan yang ada, namun tetap menjaga kandungan nutrisi serta cita rasa masakan itu sendiri. Penggunaan kompor seperti ini, tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang membuka bisnis usaha makanan, seperti restoran, rumah makan, catering atau yang lainnya. Proses memasak yang cepat, tentunya akan meningkatkan produktivitas dan juga komersialisasi usaha yang dijalankan.

Cara menggunakan Gas Kwali Range

Cara kerja dari alat ini, adalah dengan sistem Combustion atau pembakaran menggunakan tenaga gas, yang sumbernya dari LPG atau juga LNG. Dengan menggunakan pemantik api konvensional, guna memicu pembakaran gas, membuat alat ini pas digunakan untuk alat masak berukuran besar, dan mampu menyajikan makanan dalam waktu singkat.

Untuk konsep dasar dari penggunaan alat ini sendiri, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kompor gas pada umumnya. Walaupun demikian ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu, agar Anda tidak salah ketika menggunakan alat tersebut, hasilnya alat dapat bekerja secara optimal, dan awet.

  • Letakkan kompor  di tempat yang tepat secara permanen, agar alat tidak mudah bergeser.
  • Hindarkan kompor dari hembusan angin, terutama ketika api sedang menyala,  agar nyala api tetap stabil.
  • Jauhkan kompor dari berbagai macam bahan yang mudah terbakar.
  • Buat jarak yang tepat, antara kompor tersebut, dengan alat lainnya. Dengan memberikan letak dan jarak yang tepat, dapat mempercepat proses pengalihan panas atau mendinginkan kompor. Adapun jarak ideal antara kompor satu dengan peralatan lainnya adalah sekitar 30 cm sampai 40 cm.
  • Akan lebih baik, jika Anda menggunakan Gunakan Exhaust Hood, yang diletakkan di atas tungku, agar udara panas serta uap panas dapat terhisap keluar ruangan. Alat bernama Exhaust hood ini, sebaiknya dibersihkan setidaknya seminggu sekali, agar proses pengasapan uap panas dapat berjalan secara lancar.
  • Tidak lupa pasang kran air yang ada di dekat tungku, agar Anda mudah mendapatkan air.

Cara merawat Gas Kwali Range

Seperti diketahui bersama, pekerjaan memasak di dapur, pastinya tidak lepas dari berbagai macam noda, terutama noda cipratan bumbu masak, bahan makanan dan yang lainnya. Belum lagi perubahan suhu, yang membuat noda jadi tampak tidak beraturan. Jika hal ini tidak diatasi segera, akan berakibat pada usia peralatan dan kinerja dari alat tersebut. Untuk merawat alat ini sendiri tidak terlalu sulit, yaitu :

  • Membersihkan alat secara teratur

Karena terbuat dari bahan anti karat, tentunya tidak sulit untuk membersihkan kompor yang satu ini. Anda dapat menggunakan lap basah yang sudah berisi air sabun, dan gosok secara perlahan, lalu bilas menggunakan lap lainnya yang juga bersih. Lap yang digunakan sebaiknya terbuat dari serat halus, agar peralatan terhindari dari berbagai macam goresan.

Namun jika terdapat noda yang sulit dihilangkan, Anda dapat menggosoknya menggunakan sikat ijuk atau sikat gigi, yang juga dibantu dengan cairan sabun.

  • Jangan memindahkan kompor terlalu sering

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda sebaiknya memastikan dimana posisi yang tepat, untuk Gas Kwali Range. Terlalu sering memindahkan alat, akan membuat alat mudah rusak, karena fungsinya terganggu. Jadi dalam hal ini, Anda harus memperhitungkan secara tepat, dimana akan menyimpan kompor, yang juga mampu digunakan untuk aliran air.

  • Merawat alat ketika tidak digunakan

Apabila alat tersebut, sedang tidak digunakan dalam jangka waktu lama, sebaiknya tutup alat menggunakan kain atau penutup lainnya. Hal ini dilakukan agar tidak ada kotoran yang menyumbat saluran gas dan juga tungku. Selain itu pastikan juga aliran gas terhenti.

Tentunya tidak sulit untuk menggunakan dan merawat kompor yang satu ini. Bahkan akan memberikan banyak manfaat ketika Anda menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.