Meat Tenderizer

Meat Tenderizer | Alat Pelunak Daging | By Toko Mesin Jakarta

Meat Tenderizer

Mengolah daging kadang tak semudah Anda menikmatinya. Daging harus melewati beberapa proses sebelum tiba di piring Anda. Beberapa bagian daging bahkan harus dilunakkan terlebih dulu agar tak alot saat dikunyah. Proses ini juga yang akan memudahkan bumbu meresap hingga ke bagian dalam daging untuk memberikan rasa yang sempurna.

Nah, Greta akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah dengan meat tenderizer. Alat ini bukan hanya membantu Anda mendapatkan tekstur daging yang lunak secara menyeluruh, melainkan juga keunggulan-keunggulan yang bisa disimak di bawah ini.

Fungsi dan keunggulan meat tenderizer

Secara garis besar, meat tenderizer berfungsi untuk melunakkan daging. Greta sendiri memproduksi dua jenis meat tenderizer yang bisa Anda sesuaikan dengan keperluan, antara lain:

  1. Vacuum tenderizer

Jenis meat tenderizer ini sudah menggunakan mesin yang akan memudahkan Anda melembutkan daging yang terbilang sulit dikunyah. Selain itu, vacuum tenderizer membentuk pori-pori pada permukaan daging yang bakal mempercepat penyerapan bumbu. Hasilnya, daging yang diolah akan mempunyai tekstur empuk, kenyal, dengan rasa yang sampai ke bagian terdalam.

Vacuum tenderizer mempunyai desain kompatibel yang membuatnya mudah dioperasikan, termasuk pemula. Anda hanya butuh waktu 10-15 menit untuk melunakkan daging dengan mesin ini.

  1. Manual tenderizer

Seperti namanya, manual tenderizer tak menggunakan mesin alias membutuhkan tenaga manusia untuk melembutkan daging. Namun, bukan berarti jenis meat tenderizer ini tak mampu menghasilkan daging lunak seperti vacuum tenderizer. Pasalnya, manual tenderizer didesain dan dibentuk dengan material besi antikarat yang membuatnya tahan lama.

Kemudian, Greta melengkapi manual tenderizer dengan dua balok pisau tajam yang bisa memotong daging berukuran 17,5 cm (lebar). Cukup memuaskan untuk kebutuhan skala kecil.

Nah, baik vacuum tenderizer dan manual tenderizer mempunyai fungsi serta keunggulan yang dapat Anda cocokkan dengan keperluan maupun bujet. Jadi pastikan Anda tak salah memilih.

Cara memakai dan merawat meat tenderizer

Karena Greta menyediakan dua jenis meat tenderizer, maka cara pemakaian dan perawatan pun berbeda. Berikut langkah-langkah dari masing-masing alat yang patut Anda perhatikan.

  1. Vacuum tenderizer

Seperti bone saw, vacuum tenderizer membutuhkan listrik untuk menggerakkan mesinnya. Maka dari itu Anda perlu menghubungkannya ke sumber listrik sebelum menyalakannya. Tunggu beberapa saat sampai mesin memanas, lalu masukkan daging ke dalamnya. Daging yang disiapkan dapat berupa daging mentah atau bersama bumbu supaya meresap hingga ke seluruh bagian.

Daging yang dimasukkan tadi lantas akan diolah hingga teksturnya lembut sesuai keinginan Anda. Begitu selesai, daging akan didorong ke dalam wadah dan siap Anda proses ke tahap selanjutnya.

  1. Manual tenderizer

Anda yang kurang menyukai mesin atau butuh alat yang lebih sederhana bisa menggunakan manual tenderizer. Siapkan daging yang akan diolah, lalu masukkan ke dalam meat tenderizer ini. Kemudian, putar dengan gagang atau stik untuk memotong sekaligus melembutkan daging. Jika sudah sesuai selera, daging akan diletakkan dalam wadah manual tenderizer.

Dari segi durasi, penggunaan manual tenderizer memang lebih lama dan melelahkan dibandingkan vacuum tenderizer, tetapi akan menghemat konsumsi listrik.

Bagaimana dengan perawatannya? Tak terlalu sulit selama Anda hati-hati. Pada vacuum tenderizer, Anda harus memutus sumber listrik dari mesin. Gunakan air bersih atau lap untuk mengangkat kotoran dari setiap komponen mesin. Anda bisa bongkar terlebih dulu untuk pembersihan maksimal. Keringkan sampai tak ada air tersisa, lalu pasang sebelum Anda pakai lagi.

Peluang usaha meat tenderizer

Dengan spesifikasi berbeda, kedua jenis meat tenderizer di atas mempunyai target yang berbeda pula. Manual tenderizer lebih sering digunakan untuk kebutuhan individu atau bisnis skala kecil yang produksinya belum terlalu banyak. Anda yang baru belajar mengolah daging akan terbantu dengan manual tenderizer.

Sementara vacuum tenderizer dikhususkan untuk skala lebih besar seperti restoran, katering, hingga produsen makanan yang memakai daging sebagai salah satu bahan utama. Prosesnya yang cepat pun akan membuat Anda lebih mudah menghasilkan daging lunak dalam jumlah banyak. Jadi, Anda tak akan kerepotan memenuhi kebutuhan para konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.