Vegetable Cutter

Vegetable Cutter | Alat Perajang dan Pemotong Sayur | By Toko Mesin Jakarta

 

Vegetable Cutter, Alat Wajib Dimiliki Untuk Usaha Catering

Sayuran merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Indonesia yang merupakan negara tropis memiliki potensi alam berupa sayur mayur dan buah-buahan. Makanan tersebut dapat disantap langsung dan diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Salah satu olahan makanan yang terbuat dari sayuran adalah keripik.

Keripik merupakan camilan yang banyak disukai oleh masyarakat dengan berbagai tingkatan usia. Selain itu, mengolah sayur menjadi keripik dapat meningkatkan nilai jual dari komoditas tersebut. Untuk membuat keripik sayur yang lezat dan berkualitas, pemotongan bahan tersebut menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, Semakin tipis potongan sayur tersebut, maka keripik tersebut akan semakin renyah. Sayangnya untuk pembuatan keripik tersebut, proses pemotongan bahan dengan tingkat ketebalan yang seragam memerlukan waktu yang cukup lama. Apalagi jika dilakukan secara manual.

Fungsi 

Vegetable cutter merupakan solusi yang dihadirkan untuk membantu memotong sayur dan buah dengan mudah dan cepat. Alat ini memiliki mata pisau yang tajam dan terdiri dari beberapa tipe untuk memudahkan proses pemotongan buah, sayuran, atau bahan makanan lainnya

Keunggulan 

  • Dapat memotong berbagai macam bahan makanan

Mesin ini tidak hanya dapat digunakan untuk memotong berbagai macam sayuran tetapi juga dapat memotong buah-buahan atau bahan yang tidak terlalu keras. Contoh bahan lain yang dapat dipotong dengan alat ini adalah ubi, singkong, pisang, dll. Selain itu, Anda juga dapat memotong coklat dan keju.

  • Memiliki Mata Pisau Berbeda-beda

Alat pemotong sayuran atau vegetable cutter tidak hanya dapat menghasilkan satu macam potongan tetapi dapat memotong bahan makanan menjadi berbagai macam bentuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Di satu mesin sudah dilengkapi dengan beberapa mata pisau. Ada yang dapat digunakan untuk mengiris, memarut, dadu, korek api, balok, atau potongan yang lain.

Pisau pemarut cocok digunakan jika menginginkan hasil potongan yang tipis dan kecil tanpa harus menggunakan alat parut konvensional.Pisau untuk mengiris cocok digunakan untuk membuat keripik yang memerlukan potongan tipis. Pisau ini juga terdiri dari beberapa jenis untuk mengiris dengan ketebalan yang berbeda-beda.

  • Efisien

Untuk keperluan bisnis, Anda tentu menginginkan proses produksi yang singkat tetapi dengan hasil maksimal. Jika Anda sedang menjalankan bisnis keripik, catering, atau kentang goreng, memotong dengan cara manual bukan ide yang bagus. Dengan mesin ini, cukup dengan sekali gerakan, buah dan sayur dapat dipotong dengan mudah dan cepat. Selain lebih cepat, Anda juga bisa lebih hemat tenaga karena menggunakan alat ini sama sekali tidak melelahkan.

  • Mudah Digunakan

Mesin pemotong sayuran ini sangat mudah untuk dipelajari dan dapat digunakan oleh siapa saja. Jadi Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakannya. Karena mudah digunakan, para pebisnis dapat meminta para karyawannya untuk menggunakan alat ini tanpa harus memperhatikan latar belakang kemampuan atau keterampilannya.

Cara Menggunakan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara penggunaan mesin ini sangat sederhana dan mudah. Pertama-tama, siapkan bahan yang ingin dipotong dengan mesin ini. Pastikan untuk mengupas kulitnya dan cuci sampai bersih. Anda tidak perlu memotong bahan menjadi beberapa potong lebih dulu untuk menggunakan alat ini, kecuali jika ukuran bahan tersebut terlalu besar. Yang penting, bahan bisa masuk ke dalam mesin untuk diproses.

Langkah berikutnya adalah memilih mata pisau yang akan digunakan sesuai dengan potongan yang diinginkan. Siapkan wadah untuk menampung hasil potongan. Setelah itu, masukkan sayuran atau bahan yang ingin dipotong. Letakkan bahan-bahan tersebut dengan rapi. Tekan tuas pendorong agar bahan tertekan. Di saat inilah pisau akan mulai memotong bahan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil dalam waktu singkat. Hasil potongan dapat ditampung di bawah mesin pemotong

Cara Perawatan

Mesin pemotong sayuran ini memerlukan cara perawatan yang mudah dan sederhana. Perawatan yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan dari mesin tersebut. Pastikan untuk membersihkan alat ini setelah digunakan untuk menjaga agar makanan tetap higienis.

Mesin pemotong sayuran atau vegetable cutter merupakan alat yang wajib dimiliki oleh orang-orang yang menjalankan usaha di dunia kuliner seperti keripik sayur, keripik buah, kentang goreng, atau usaha catering. Usaha-usaha seperti ini biasanya dituntut membuat potongan bahan makanan dalam jumlah banyak dan ketebalan yang seragam. Dengan pemotong sayuran, pekerjaan untuk memotong sayuran akan lebih efisien dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.