Water Boiler

Water Boiler | Mesin Pemanas Air Minum | By Toko Mesin Jakarta

Pentingnya Menggunakan Water Boiler pada Usaha Kuliner Anda !

Jika dahulu Anda selalu menyediakan termos untuk menyediakan air panas, pada para pengunjung restoran atau kantin yang datang. Maka ini ada cara yang lebih praktis dan mampu menyajikan kebutuhan tersebut. Anda hanya perlu menyediakan mesin air panas atau water boiler machine pada para pengunjung yang datang. Maka para pengunjung dapat mengisi kebutuhan air panasnya sendiri.

Fungsi dari Water Boiler

Sepeti namanya water boiler machine ini adalah alat yang akan digunakan untuk mendidihkan air, atau setidaknya menjaganya tetap panas secara konstan, dalam jangka waktu tertentu, dan akan diatur sedemikian rupa. Digunakannya bahan satinless steel pada bagian dalam, tentunya membuat air senantiasa panas, dan pastinya tidak mudah berkarat, dan berkerak. Minuman yang disajikan kelak, akan tetap terjaga kualitasnya.

Mesin yang satu ini, lebih menggunakan tenaga listrik, untuk memanaskan air yang ada di dalamnya. Dirancang secara khusus, agar lebih mudah digunakan. Apabila sudah mencapai suhu yang diinginkan, maka heater pada alat akan mati dan mulai melakukan penyesuaian. Lantaran, alat ini sudah dilengkapi dengan fitur thermostat, yang akan memutus atau menyambungkan arus listrik, ketika alat mendeteksi perubahan suhu, yang sudah ditentukan sebelumnya.

Yang menarik adalah, alat ini, dapat Anda gunakan selama 24 jam nonstop. Pastikan air tetap terisi dengan baik dan juga aliran listrik masih tetap terhubung.

Cara menggunakan Water Boiler

Adapun cara menggunakan alat yang satu ini tidak terlalu sulit, dan polanya hampir sama dengan ketel pada umumnya. Dalam hal ini, Anda membutuhkan 2 hal, yaitu alat, yaitu water boiler dan juga air. Sedangkan untuk menggunakannya, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Pertama-tama, siapkan alat, dan pastikan alat sudah bersih, dari berbagai macam debu dan hal lainnya, terutama di bagian dalam. Berikutnya siapkan air bersih, dan masukkan ke dalam mesin water boiler. Air yang akan dimasukkan sebaiknya sesuaikan dengan batas air yang ada di dalam alat, dan jangan terlalu penuh. Adapun jenis air yang dapat Anda gunakan kali ini beragam, bisa air matang, bisa air mentah.
  • Setelah air dimasukkan ke dalam alat, berikutnya hubungkan kabel mesin ke dalam stop kontak. Dalam hal ini, pastikan kondisi kabel aman, dan tidak ada bagian yang terkelupas.
  • Setelah stop kontak digunakan, berikutnya atur suhu panas yang ada di dalam alat. Gunakan knop yang ada, guna mengatur suhu pada tingkatan yang diinginkan. Dengan demikian, alat akan bekerja secara otomatis hingga menginjak suhu yang telah ditetapkan semula.

Cara merawat Water Boiler

Supaya awet, alat yang satu ini juga harus dirawat dengan baik. Adapun teknik perawatan alat yang satu ini, tidak terlalu sulit.

  1. Ketika alat sudah selesai digunakan, maka matikan alat, dengan cara mencabut stop kontak. Biarkan hingga suhu mesin sudah tidak panas lagi. Penting untuk melakukan hal ini, agar alat benar-benar dalam kondisi mati, serta tidak merusak komponen lain, ketika Anda sedang melakukan proses pembersihan kelak.
  2. Ketika suhu mesin sudah tidak panas, Anda dapat mengelap bagian luar dan bagian dalam alat. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan baik lembut, yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air. Selanjutnya gunakan lap kering, untuk menghilangkan sisa air yang ada di berbagai bagian.
  3. Setelah semua langkah selesai Anda lakukan, maka alat dapat digunakan pada kali berikutnya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, mesin yang satu ini mempunyai peran penting untuk Anda, yang membuka usaha kuliner. Dibandingkan menggunakan termos, yang mampu menampung dan menyediakan air panas secara terbatas, maka alat ini, mampu menyediakan air panas dalam skala yang lebih besar.

Dengan berbagai fungsi dan teknik penggunaan water boiler yang terbilang mudah. Maka alat yang satu ini, dapat digunakan dalam berbagai industri kuliner, mulai dari restoran, hotel, rumah makan, dan yang lainnya. Umumnya alat akan diletakkan di salah satu bagian ruangan, lengkap dengan aneka perlengkapan membuat minuman, plus aneka minuman yang dapat dikonsumsi, seperti teh, kopi dan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.